Notification

×

Jokowi: Dialog Jalan Satu-satunya Selesaikan Konflik di Timur Tengah

Minggu, Oktober 06, 2024 | 08:58 WIB Last Updated 2024-10-06T02:06:42Z

 




Suara Forum - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pendekatan dialogis menjadi jalan satu-satunya untuk penyelesaian konflik di kawasan Timur Tengah. Secara khusus konfik Palestina, Israel, dan Lebanon.

"Saya kira memang dialog adalah jalan satu-satunya untuk menyelesaikan konflik yang ada di Gaza, di Lebanon, Israel dengan Palestina, Israel dengan Hizbullah, Iran dengan Israel," jelas Jokowi di Lapangan Monas Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024)


Karenanya, Jokowi menyarankan agar masing-masing negara harus bisa menahan diri supaya konflik tidak semakin besar. Diharapkan, perwakilan dari negara-negara itu bertemu untuk melakukan dialog.
"Sebetulnya memang kalau semua negara melakukannya pendekatan-pendekatan lunak, melalui dialog melalui pertemuan, melalui komunikasi yang baik saya kira peristiwa di Palestina di Gaza di Lebanon bisa kita hindari," tuturnya


"Iran dengan Israel saya kira harus diselesaikan dengan cara perundingan. Dan semua harus menahan diri untuk tidak memperbesar eskalasi yang ada," tambahnya.
Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi telah memerintahkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk segera memulangkan warga negara Indonesia (WNI), seiring ketegangan yang terjadi usai invasi Israel ke Lebanon.


"Bu Menlu sudah saya perintahkan untuk menindaklanjuti apa yang sudah saya sampaikan agar keselamatan perlindungan terhadap warga kita dinomorsatukan dan evakuasi disegerakan," ujar Jokowi usai meresmikan RSUD Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur, Rabu (2/10/2024).(red_Rudi)


×