Notification

×

Berikut tata Cara untuk Masyarakat umum yang Mengunjungi IKN

Rabu, September 18, 2024 | 09:05 WIB Last Updated 2024-09-18T02:08:06Z



 Jakarta. Kawasan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur yang mulai dibuka untuk umum oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), sekarang masyarakat dapat mengunjungi setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 WITA. Namun, demi menjaga keamanan dan ketertiban, jumlah pengunjung dibatasi hanya 300 orang per hari.


"Mengingat Nusantara saat ini masih dalam proses pembangunan dan mempertimbangkan aspek keamanan, ketertiban serta keselamatan, jumlah pengunjung maksimal 300 orang perhari," ungkap Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantouw, Senin (16/9/24).


Troy Pantouw mengungkapkan bahwa Pembukaan IKN untuk umum bertujuan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menyaksikan langsung perkembangan Nusantara, sambil memastikan bahwa proses pembangunan tetap berjalan dengan optimal, dan diharapkan untuk pengunjung selalu mematuhi berbagai ketentuan yang berlaku, seperti menggunakan transportasi umum yang telah disediakan di titik kumpul, menjaga kebersihan, tidak merokok, tidak memasuki area yang bukan untuk kunjungan, serta mengikuti semua arahan dari petugas di lapangan.


Berikut tata cara untuk masyarakat umum yang mengunjungi IKN:1. Pengunjung wajib terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri melalui aplikasi IKNOW sebelum waktu kunjungan ke Nusantara2. Titik parkir kendaraan pengunjung sekaligus sebagai titik kumpul awal masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara ada di Rest Area IKN dan Simpang Trunen (Samping RS Hermina)


3. Di titik kumpul pengunjung wajib menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW yang valid kepada petugas Liaison Officers (LO)4. Setelah pemeriksaan, pengunjung didampingi LO melakukan perjalanan menggunakan Electric Vehicle (EV) Bus menuju Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa, perjalanan ini ditempuh dengan durasi 10 menit.


5. Pengunjung akan turun di Halte Plaza Seremoni Barat di mana pengunjung dapat mengunjungi baik Plaza Seremoni yang berada di sebelah timur dan Taman Kusuma Bangsa yang ada di sebelah barat.6. Di Plaza Seremoni, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti Mini Amphiteater, Forest Trail, Retail Galery, dan Visitor Center.


7. Di Taman Kusuma Bangsa, pengunjung juga dapat melihat sejumlah landmark pwnting dari kejauhan seperti Kantor Kemenko, Istana Garuda, Istana Negara, dan Plaza Seremoni;Pengunjung dapat kembali ke Rest Area/Simpang Trunen menggunakan EV Bus yang melewati Halte Plaza Seremoni Barat setiap 15 menit.(Rudi)

×